thanks for coming, please help me to click my ad ^_*

Join The Community

Contoh Pembuatan Karya Ilmiah Sederhana


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
ANGKRINGAN KAMPUS
ABSTRAK
Penulis pernah berkunjung ke salah satu universitas yang ada di yogyakarta, selain ingin bersilaturahim ke tempat belajar sahabat yang sedang belajar di sana penulis juga ingin melihat kemajuan dan kelebihan apa saja yang ada di kampus tersebut dibanding dengan kampus lain. Saat berkunjung kekampus yang cukup besar tersebut, penulis sangat kagum karena ternyata banyak sekali usaha kecil-kecilan milik mahasiswa yang dikelola dengan baik di sana. Mulai dari usaha ketering, laundry, rental dvd, jasa pengetikan, dan yang penulis anggap paling berpotensi untuk dijalankan saat ini adalah “Angkringan Kampus”. Saat itu penulis sedang berteduh di salah satu angkringan yang ada di unversitas tersebut, sembari menunggu hujan reda, penulis mengobrol dengan penjaga angkringan. Ketika penulis bertanya pada sang penjaga angkringan tentang usaha yang ia kelola, penulis terkejut karena modal yang dikeluarkan tidak terlampau besar, modalnya hanya berkisar sampai lima ratus ribu rupiah saja. Lalu penulis bertanya masalah bagaimana setiap hari pasokan barang dagangan, lalu penjaga angkringan menjawab bahwa setiap hari ada orang atau dapat dikatakan sebagai produsen mengirimkan pasokan barang dagangan yang akan dijual oleh penjaga angkringan tersebut. Lalu bagaiman dengan keuntungan yang diperolah penjaga angkringan tersebut? Ternyata keuntungannya cukup lumayan, sang penjaga angkringan bertutur bahwa keuntungannya sehari berkisar lima puluh ribu rupiah sampai seratus ribu rupiah perhari, tergantung ramainya pembeli.
Mungkin usaha ini adalah usaha yang terbilang sederhana, dan mungkin terlihat sangat menguras tenaga namun ternyata usaha ini dapat di jadikan usaha sampingan atau usaha yang dilakukan di waktu luang saja. Kenapa bisa begitu? Jawabnya adalah karena usaha ini dapat dikerjakan bekerjasama dengan orang lain, mungkin juga sesama mahasiswa ataupun orang lain yang berminat dengan usaha ini. Karena alasan itulah penulis berpendapat akan ada peluang bisnis yang mungkin akan sangat berhasil untuk dilakukan di kampus kita. Dan selain belum adanya usaha tersebut di STMIK Amikom maka penulis mengambil tema “Angkringan Kampus” untuk karya ilmiah kali ini.
PEMBAHASAN
Hal yang paling utama yang ingin disampaikan penulis dalam makalah ini adalah usaha kecil-kecilan dengan modal yang dapat diminimalis hingga sekecil mungkin, penulis ingin membuka wawasan pembaca dengan sebuah ide sederhana dengan membuat usaha sampingan di kampus bagi mahasiswa yang sangat membutuhkan tambahan uang bulanan dengan usaha sendiri agar mampu memenuhi kabutuhan uang jajan atau uang tambahan tiap bulannya. Selain dapat menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan kreatif dalam mebuka usaha, alternatif usaha yang penulis sampaikan ini semoga dapat menjadi salah satu solusi yang tepat bagi mahasiswa yang sangat membutuhkan usaha tambahan. Usaha yang di maksud olah penulis adalah usaha sederhana angkringan kampus, usaha sederhana ini memang tidak banyak dipikirkan oleh mahasiswa pada umumnya. Karena mungkin usaha ini terbilang usaha yang sangat jarang disenangi oleh mahasiswa, dapat dikatakan usaha ini hanya dilakukan oleh masyarakat yang biasa-biasa saja dalam artian sangat jarang sekali dilakukan oleh mahasiswa.
Karena itu penulis ingin sekali membahas tema yang sangat menarik tentang usaha angkringan kampus ini, selain pekerjaanya yang tidak terlalu sulit dilakukan, meski hanya bekerja part time atau paruh waktu dan bisa bergantian dengan orang lain yang tidak lain dapat berupa teman sendiri tentu saja dapat menjadi usaha bersama. Bukan tidak mungkin selama jam kuliah berlangsung kita dapat tenang belajar sementara angkringan kita dijaga oleh rekan kerja kita yang lain, jadi selama jam kuliah kita tetap kuliah seperti biasa, dan waktu luang setelah kuliah tentu dapat kita manfaatkan sebagai waktu untuk bekerja menjaga angkringan tersebut. Atau alternatif lainnya kita dapat menyediakan tempat yang telah mendapatkan izin dari pihak kampus dan kita meminta seseorang menjagakan angkringan milik kita dan tentunya barang yang didagangkan telah disepakati dengan orang kepercayaan kita untuk menjaga angkringan tersebut baik masalah modal dan hasil yang akan didapat, yang pasti di diskusikan dan bibagi untuk kepentingan bersama.
1. Faktor Pendukung
Angkringan adalah salah satu tempat makan yang paling banyak ditemukan di yogyakarta dan wilayah jawa lainnya, khususnya pada daerah yang dekat dengan kompleks perumahan padat penduduk. Perumahan mewah, kos, pedesaan, dan banyak tempat lainnya menjadi tempat yang banyak menyediakan warung kecil beratap terpal ini. Kenapa banyak tempat meneyediakan angkringan? Pasti jawabannya adalah karena ke-khasan nasi kucingnya, dan juga karena harganya yang murah karena hanya dengan seribu rupiah kita sudah bisa membelinya, dan tentu saja karena sifatnya yang merakyat itulah yang menjadikan angkringan banyak digemari masyarakat. Berikut ada beberapa uraian yang akan penulis jelaskan mengenai kelabihan angkringan.
a. Uniknya Nama “Nasi Kucing”
Banyak yang beranggapan bahwa angkringan itu pasti identik dengan nasi kucingnya, dan penasaran pada angkringan karena nasi yang porsinya berukuran kecil ini. Dinamakan nasi kucing ini karena porsinya yang tidak terlalu banyak yaitu mungkin hanya satu centong nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk kering tempe atau sayur oseng lainnya. Disebuat begitu juga karena lauknya hampir sama dengan makanan kucing yaitu kepala ayam, kaki ayam atau yang akrab di sebut ceker, sate usus, dan lauk-lauk lainnya yang biasa diberikan pada kucing sehingga banyak disebut sebagai nasi kucing. Dan pemberian nama inilah yang membuat angkringan begitu menarik dan digemari masyarakat umum. Termasuk juga dengan penulis saat baru awal sekali tiba di yogyakarta.
b. Harganya yang Relatif Murah
Harga yang ditawarkan di setiap warung angkringan mungkin sama, yaitu per-porsinya hanya seribu rupiah saja. Ini tentu saja sangat terjangkau bagi banyak kalangan, tidak terkeciuali mahasiswa. Dan tidak jarang banyak mahasiswa yang lebih gemar makan di angkringan dibandingkan makan ditampat lain, bukan saja karena harganya yang murah tetapi suasana saat berada diangkringan dan rasa yang khas dari makanan yang dijajakan memiliki sensasi berbeda sehingga angkringan memiliki penggemar tersendiri.
c. Makanan yang dijajakan bervariasi
Ada banyak sekali makanan yang dijajakan di angkringan dan pastinya tidak ada di warung-warung yang lainnya, karena di angkringan banyak menyediakan makanan yang berbeda dan unik tadi. Diantaranya, sate usus, sate telur puyuh, sate tiram, sate keong, kaki ayam/ceker, kepala ayam, kopi jhos yaitu kopi yang dicelupkan bara api, dan masih ada beberapa makanan khas angkringan lainnya yang belum penulis sebutkan.
2. Faktor Penghambat
Dari penyampaian penulis terkait kelebihan dari usaha angkringan, di sini penulis juga akan menyampaikan beberapa faktor penghambat yang menurut penulis bisa terjadi saat seseorang akan membuka usaha angkringan kampus. Namun faktor penghambat ini tidak terlalu beresiko besar, mungkin dapat dikatakan hanya sebagai faktor penghambat kecil. Faktor penghambat yang memungkinkan tersebut diantaranya,
a. Penjaga Angkringan
Mungkin saat sibuknya seorang mahasiswa yang akan membuka usaha angkringan kampus adalah faktor penghambat yang mungkin terjadi saat akan menjaga angkringan, sehingga tugas menjaga angkringan menjadi sangat sulit ketika banyak tugas dari dosen atau kegiatan organisasi yang tentunya membutuhkan waktu yang banyak.
b. Mencari Dana Modal
Selain masalah penjaga angkringan penghambat lainnya mungkin juga adalah dana modal awal untuk memulai usaha angkringan kampus ini, seperti kelihatannya angkringan tidak terlalu besar yang bisa memasang iklan bagi pihak sponsor yang mau meminjamkan dana modal.
c. Keberanian
Faktor yang ketiga ini adalah mungkin faktor yang paling penting, dimana keberanian itu sangatlah dibutuhkan karena tidak mudah membuat usaha sederhana ini yang mungkin saja akan menjadi bahan ejekan dari pihak yang tidak suka dengan usaha kita.
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari isi yang penulis sapaikan pada bab sebelumnya, terlihat kekurangan dan kelebihan dari usaha angkringan kampus manurut pendapat dari penulis sendiri. Namun dibanding kekurangan yang penulis jelaskan, terlihat lebih banyak fakor pendukung akan peluang bisnis tersebut, dan menurut penulis masih ada solusi untuk menyelesaikan masalah pada faktor penghambat yaitu masalah penjaga angkringan dapat diselesaikan dengan bekerjasama antara beberapa mahasiswa agar dapat bergantian menjaga warung angkringan selama jam kuliah berlangsung atau solusi kedua adalah membayar orang yang mau menjaga angkringan yang kita miliki dengan upah yang telah disetujui, kemudian masalah modal mungkin dapat diatasi dengan mengajukan proposal pada pihak kampus agar mau meminjamkan dana awal untuk membuka usaha angkringan kampus ini, dan masalah keberanian tentunya dapat diselesaikan dari individu masing-masing. Sehingga peluang bisnis angkringan kampus kini sangatlah mungkin menjadi salah satu alternatif bisnis baru yang menjanjikan.
2. Saran
Banyak sekali hal yang diinginkan penulis dalam upaya perwujudan usaha yang diterangkan dalam makalah ini, adapun saran yang utama penulis diberikan kepada pihak kampus agar mau memberikan kepercayaan pada mahasiswa yang akan membuat usaha di lingkungan kampus supaya diberikan kemudahan dalam mengelola dan memilih tempat usaha yang sekiranya pas untuk dijadikan tempat usaha, kemudian diharapkan juga bantuan dana modal pada pihak manapun yang sangat peduli dengan usaha kreatif mahasiswa, dan tentunya dari mahasiswa sendiri diharapkan agar mau aktif dan kreatif dalam melihat peluang usaha yang ada disekitar kita, jangan takut dan malu untuk memulai sebuah usaha.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomantar, tapi gunakan bahasa yang santun dan mudah dipahami ya. ^_^
Untuk yang berkomantar kurang sopan atau mengandung unsur profokasi, admin akan menhapusnya. terimaksih untuk partisipasinya. Selamat berkomentar...

Terimaksih telah berkunjung. Semoga Dapat bermanfaat. Untuk Sobat yang Mau Komentar Tambahkan Komentarmu di ChatBox yang Ada Bagian Dikanan Blog ini^_^

Iklan Sponsor